Alasan kenapa ekor cicak masih bisa bergerak setelah terputus - pintarbarataan02

Alasan kenapa ekor cicak masih bisa bergerak setelah terputus

 Assalamualaikum wr.wb


Kalian pernah melihat gak saat cicak saat ingin di mangsa oleh hewan lain seperti kucing? Kalau saya dulu itu sering melihat kejadian seperti itu.

Pernah terlintas pertanyaan di kepala saya saat melihat kejadian seperti itu. Kenapa ekor cicak itu masih bergerak sih padahal sudah terpisah dengan tubuh cicak?. Apakah cicak memang senang saat dia memutuskan ekornya? Apakah bisa tumbuh lagi ekor yang sudah putus itu?. Mari kita bahas pada artikel kali ini.


Kejadian itu terjadi saat cicak terasa terancam dengan hewan predator lain. Maka dari si cicak pun memutuskan untuk memutuskan ekornya sebagai upaya untuk melarikan diri dari predator. Walaupun ekornya sudah putus tapi ekornya masih bisa bergerak dengan tujuan mengalihkan pandangan sang predator dari dirinya yang secara diam-diam melarikan diri untuk tidak di mangsa.


Cara seperti ini bukan hanya cicak yang bisa melakukan nya. Contoh spesies hewan lain yang melakukan hal tersebut antara lain kadal, laba-laba dan Moluska. Namun cicak tidak menyesali perbuatannya untuk memutuskan ekornya tersebut, karena ekor cicak bisa tumbuh kembali dalam jangka waktu 10-12 minggu. Sifat memutuskan sebagian tubuh di sebut Autonomi.

Autonomi adalah sifat hewan di mana membuang salahsatu atau dua anggotanya dan bisa di sebuah amputasi diri.  Berbeda dengan kita manusia, saat ekor cicak terpisah dengan anggota tubuh lainnya sistem saraf pada ekor tidak mengalami kerusakan yang parah, tidak terjadi pendarahan, infeksi dan sejenisnya seperti yang bisa kita alami, melainkan cicak akan mengalami regenerasi ( tumbuh kembali ) bila ekornya putus dalam usaha melarikan diri dari hewan predator.

Cicak memutuskan ekornya hanya disaat merasa dirinya terancam saja, tidak terlalu sering. Jadi sebenarnya cicak tidak  senang kalau dia sering melakukan hal tersebut karena itu akan menyulitkam dirinya sendiri


Lambat atau cepatnya pertumbuhan ekor cicak itu bisa dipengaruhi oleh kondisi alam, kondisi emosional si cicak dan apa yang di konsumsi. 


Dan kenapa ekor cicak yang putus dan tidak bisa nyambung lagi itu masih bisa bergerak walau terpisah dengan tubuhnya?

Ekor cicak saat terputus masih bisa bergerak selama 30 menit, itu di karenakan saat diputuskan cicak sistem saraf yang ada di ekor cicak tidak mengalami kerusakan yang parah seperti yang saya beritahukan di atas tadi, hal itulah yang membuat ekor cicak masih bisa bergerak-gerak untuk beberapa saat tetapi gerakannya itu tidak terkendali lagi oleh si cicak karena sudah terpisah.


Ia bergerak-gerak hanya untuk mengelabui predator. Jadi itulah alasan dari ekor cicak yang masih bergerak.

Kiranya cukup sampai disini dulu pembahasan masalah ini, terima kasih sudah berkenan membaca artikel saya ini.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel