Anak Pramuka harus tau apa itu Bantara - pintarbarataan02

Anak Pramuka harus tau apa itu Bantara

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan tidak akan membahas masalah pelajaran, tips and trik, maupun anime melainkan seputaran masalah pramuka.

Kalian semua pasti pernah ikut Pramuka bukan, iya pramuka....

Pramuka itu merupakan sebuah organisasi yang menurut saya banyak sekali yang dapat di pelajari dalam organisasi ini.

Dari SD sampai perguruan tinggi pun pasti ada kegiatan Pramuka ini karena sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dalam Pramuka pun ad tingkatkan yang harus di tempuh oleh seorang anggota Pramuka. Kalau tingkatan pada jenjang SD adalah siaga dan tingkatan pada siaga ada 3 yaitu, siaga mula, siaga bantu, dan siaga tata.

Pada jenjang SMP bisa di sebut anak penggalang dan mempunyai 3 tingkatan anak Pramuka juga yaitu penggalang Ramu, penggalang rakit, dan penggalang terap.

Tapi kali ini saya tidak membahas tingkatan siaga ataupun penggalang, melainkan tingkatan Pramuka yang ada di jenjang SMA ( Penegak ).

Kalau kalian semua anak Pramuka pasti sudah tahu tingkatan yang sudah saya bahas seperti di atas tadi ya. Tapi pada tingkat penegak seperti saya ini hanya ada 2 tingkatan yaitu, Penegak Bantara dan Penegak Laksana.

Tapi bukan halnya lagi kalau pangkat pandega, untuk tingkat ini hanya ada pada jenjang perguruan tinggi aja sahabat semua.hehe.

Sebelum kalian menjadi penegak Bantara itu harus melalui berbagai macam rintangan dulu baru bisa jadi penegak Bantara salah satunya dengan mengisi Syarat Kecapan Umum (SKU).

Dan yang lebih penting lagi kalian semua harus tahu arti dari Bantara tersebut. Berikut ini penjelasan singkat seputar info Bantara ya sahabat semua.


*Kamu boleh saja menjelekkan Pramuka, karena aku yakin kamu tak pernah tau rasanya memperjuangkan impian kecil, salah satunya untuk bisa ber-TKU Bantara yang akan aku kenakan di pundak ku ini.

*SEJARAH BANTARA

Bantara berasal dari bahasa sansekerta yaitu pengawal atau ajudan, dalam pengertian ini pengawal dapat di artikan :

1). Pengawal yang tugasnya untuk mengawal dan menjaga tegak dan lestarinya Pancasila , trisatya dan dasar Sharma.
2). Pengawal para prajurit seperti presiden.
3). Pengawal terhadap lembangupem yang sudah dan sedang dilaksanakan.

Arti tanda Penegak Bantara

1). Warna hijau melambangkan kesuburan dan  kemakmuran berarti seorang Bantar harus menjaga kesuburan dan kemakmuran Negara Kesatuan Republik Indonesia dan warna hijau melambangkan diri yang berkembang yang selalu tumbuh untuk mencari tau banyak untuk kemajuan Negara dan lainnya.

2). Dua tunas kelapa melambangkan keseimbangan Pramuka penegak putra dan putri.

3). Bintang melambangkan seorang penegak Bantara harus bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai apa bunyi dada dharma pertama.

4). Warna kuning melambangkan keluhuran dan kejayaan Pramuka.

Yang harus kita perhatikan adalah arti kata bantaranya itu sendiri, arti kata tersebut memiliki arti yang berbeda- beda, seperti yang dijelaskan di atas tadi bahwa Bantar itu berasal dari kata sansekerta yang berarti ajudan atau pembantu, lain halnya dengan dari bahasa Jawa yaitu bantaran atau jembatan yang berarti menopang orang lain, lain juga kalau dengan yang versi singkatan yaitu BANTARA = BAntuan TenagA / BANtuan TenagA RAkyat ( bukan BANtuan semenTARA ya, hahaha) . Terlepas dari semua itu, tujuan semua Pramuka itu khususnya BANTARA tetap satu yaitu bisa menjadi panutan di depan dan menjadi para Kusuma bangsa yang berguna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.

Semua anak Pramuka itu sebenarnya sama aja sih tapi yang membedakan itu hanyalah tingkatan sebagai rasa hormat kepada yang tua pada kita. Dalam Pramuka kita juga di ajarkan untuk bersikap sopan dengan memanggil orang yang lebih tua dari kita dengan sebutan kakak dan di ajarkan untuk di siplin agar kehidupan ke depannya bisa lebih baik lagi.

Semoga kita semua dapat menjadi anggota Pramuka yang berguna bagi orang lain.

Salam Pramuka dari KalSel

Sampai disini dulu ya pembahasan kita masalah pramuka , kalau kalian ada pendapat lain bisa luangkan pendapat kalian semua di kolom komentar ya.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel