Buah Kasturi ciri khas Kalimantan sekarang sudah hampir punah - pintarbarataan02

Buah Kasturi ciri khas Kalimantan sekarang sudah hampir punah

Assalamualaikum wr.wb

Apakah kalian mengenali buah yang ada di foto itu??? Ya itulah yang di sebut dengan buah kasturi.

Kasturi???

Apakah kalian pernah dengar apa itu kasturi??
Pada kali ini saya akan membahas masalah yang satu ini.

Banyak sekali diluaran sana yang tidak tahu tentang kasturi itu. Kasturi merupakan salah satu buah yang berbentuk hampir dengan mangga tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dengan berat sekitar 100 - 125 gram, rasanya manis, kalau buah nya sudah matang kulitnya berwarna ke ungu-unguan dan mengeluarkan aroma yang khas dari buah itu sendiri.

Buah kasturi adalah buah khas dari kalimatan selatan yang termasuk dalam jenis buah mangga. Buah yang memiliki nama latin Mangifera casturi ini masih famili atau berkeluarga dengan Anacariaceae, Ordo Anacardiales, dan klas Dicotyledonae atau jenis tumbuhan biji berkeping dua. Berdasarkan keputusan dari menteri Dalam Negeri no 48 tahun 1989, buah kasturi dinobatkan sebagai Maskot Kalimantan Selatan.

Kalau hewan maskot kalimat Selatan adalah hewan bekantan.

Penyebaran buah kasturi di Indonesia sangat sempit, dan hanya dapat di temukan liar di kawasan hutan kalimantan dan di desa-desa yang berada di Kalimantan. Kasturi juga termasuk dalam 200 jenis tumbuhan langka yang ada di Indonesia. Pohon kasturi dapat tumbuh tinggi hingga 25 meter dan mampu hidup dengan umur yang cukup panjang.

Tanaman endemik kalimantan ini dapat tumbuh subur setinggi 30 meter di dalam hutan maupun di tepian sungai. Karena daerah kalimantan selatan terdapat kota di kenal dengan julukan kota seribu sungai.

Kasturi merupakan jenis tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan baik di tanah yang tergenang seperti rawa-rawa. Pohon kasturi biasanya akan berbunga pada bulan September, dan akan berbuah pada bulaNNovember- Januari.

Saat berbuah, kasturi itu akan bergerombol lebat dalam satu tangkai, dan dapat berbuah hingga ribuan buah dalam satu pohon. Daging buahnya berwarna kuning oranye dengan rasa manis, dan berserat.

Dari hasil penelusuran, ada beberapa jenis kasturi yang di temukan disekitar rawa-rawa yakni kasturi mawar dan kasturi biasa. Namun terdapat dari bentuk dan warna buah, dan juga aroma serta rasa yang berbeda.

Kalau di tempat saya buah kasturi itu sudah tidak terlalu banyak lagi pohonnya karena ada yang tumbang, di tebang dan lain-lain. Di tempat saya ini kalau mau mencari kasturi itu sangat rame karena teman-teman banyak yang ikut mencari buah itu, tetapi kami minta izin dulu kepada yang punya pohonnya baru boleh mencari buah kasturi itu.

Apalagi kalau lagi hujan, kasturi itu banyak yang berjatuhan dan orang-orang banyak yang menunggu di bawa pohon itu untuk mengambil kasturi. Saya kecil dulu itu kalau mau buah itu tidak tau harinya hujan atau panas tetap saya cari buah itu.

Rasanya yang manis dan jarang di temukan sekarang ini, buah kasturi ini memiliki nilai jual yang tinggi lohhh.

Kalau musim yang baru berbuah , sebiji kasturi itu bisa di bandrol dengan harga 1.500-2.000 loh per bijinya. Tapi kalau sudah banyak orang yang berjualan buah kasturi , harganya pun turun menjadi 500 rupiah saja perbijinya.

Sampai di sini dulu ya pembahasan masalah buah yang satu ini, maaf kalau saya tadi ada sedikit bercerita masa lalu saya hehehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel